Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge

isi Pemadam Kebakaran // Comment
Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge memisahkan tekanan gas dari muatan pemadam yang berada di dalam tabung pemadam seperti air, busa,dan bubuk kimia kering. Cartridge memanfaatkan tekanan dari gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida ini tidak dicampur di dalam tabung pemadam media pemadam melainkan di tabung pemadam kecil atau cartridge yang terpisah, yaitu di dalam bagian head tabung.

Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge


Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge | Tabung pemadam kebakaran
System cartridge dilengkapi dengan mata pisau yang berfungsi merobek pembungkus cartridge sehingga gas karbon dioksida dapat dilepaskan ke dalam tabung pemadam. Dengan begitu, media pemadam akan keluar menyemprot melalui nozzle tanpa hose atau selang. Pengguna yang akan menggunakan Tabung pemadam kebakaran bersistem cartridge hendaknya sudah cekatan karena pada sistem ini tidak disediakan alat pengukur tekanan gas, sehingga sering kali tekanan gas membuat kaget pengguna APAR. Tetapi, sistem ini memiliki kelebihan, yaitu kemudahan dalam pengisian ulang gas yang bahkan dapat dilakukan tanpa tenaga teknisi.

secara garis besar sama. Namun, pada sistem Cartridge, perawatan / service terbilang memakan biaya yang lebih besar karena tingkat kerumitan yang lebih tinggi. Berbeda dari sistem Stored Pressure yang dapat ditimbang berat dan diukur tekanan gasnya secara langsung, System Cartridge harus dikeluarkan terlebih dahulu tabung pemadam cartridge untuk ditimbang. Saat akan mengeluarkan tabung pemadam cartridge, pastikan teknik servis melakukan unscrewing pada head atau kepala pemadam dengan hati-hati. Hendaknya berat cartridge tidak berkurang sampai 10% dari berat semula atau berat asli. Periksa pula usia cartridge seharusnya masih dalam usia manfaat 10 tahun sejak tanggal pembuatan dan produksi.

Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge Tabung pemadam kebakaran

Selain itu, pada sistem Cartridge, perlu diadakan pemeriksaan terhadap mekanisme dari penutup kepala yang seharusnya masih fungsional ketika menghadapi lonjakan tekanan gas. Lakukan pula pemeriksaan terhadap media pemadam dengan mengisi ulang untuk jenis air dan busa. Sedangkan untuk jenis agen bubuk kimia kering, teknisi perlu mengecek kebebasan gerak konten bubuk dengan cara menutup leher tabung dan membolak balikkan. Terakhir, periksa pula interior dari tabung tabung pemadam dan pastikan tidak terjadi korosif atau korosi dan pengelupas pada lapisan PVC (bila berjenis media busa atau air), karena apabila tabung tabung pemadam lemah akibat korosi atau kerusakan lainnya, maka tabung berisiko meledak dan membahayakan pengguna apabila gas karbon dioksida dilepaskan dari tabung pemadam cartridge.


Meskipun perawatan Tabung pemadam kebakaran jenis Cartridge terbilang lebih rumit dan mahal, namun sistem ini masih dipandang menguntungkan sebagai peralatan proteksi kebakaran pada perusahaan offshore mengingat kemudahan dalam melakukan isi ulang gas cartridge karena tidak memerlukan tenaga teknisi dan kompresor.
Office:
Jl. Pondok Kelapa Raya Blok G1 No.4A Jakarta Timur Inddonesia 13450.
Fax : 021 4801163
Tlp : 021 22869306 / 05

Email : cs@tabungpemadamapi.com


0 komentar:

Poskan Komentar